Jumat, 30 Oktober 2009

Harga SK Anggota DPRD


Satu SK DPRD Dihargai 300 Juta

Jumat, 30 Oktober 2009 | 16:09 WITA


SEMARANG, JUMAT - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah periode 2009-2014 yang menggadaikan surat keputusan pengangkatannya untuk memperoleh pinjaman uang dari Bank Jateng, didominasi para wajah baru.

Kepala Bank Jateng cabang Kantor Gubenur Jawa Tengah, Nyaryanto, di Semarang mengatakan, terdapat 20 anggota dewan yang sudah mengajukan kredit dan disetujui.

"Dari jumlah itu, sebagian besar merupakan anggota dewan yang baru menjabat pada periode ini," katanya Jumat (30/10).

Wakil rakyat yang periode lalu menjabat dan terpilih lagi pada periode sekarang, tidak ada yang mengajukan pinjaman. Besaran dana yang dipinjam para legislator tersebut jumlahnya bervariasi.

"Pinjaman maksimal yang diberikan mencapai Rp 300 juta. Namun, besaran dana yang dipinjam bervariasi, ada yang Rp 100 juta, ada pula yang Rp 150 juta atau lebih," tuturnya.

Alasan para wakil rakyat ini meminjam uang, sebagian besar, dalam formulir pengajuan, menyatakan akan menggunakan uang ini untuk merenovasi tempat tinggal.

Namun, ada pula yang akan menggunakan uang pinjaman ini untuk mengembangkan usaha. "Anggota dewan yang meminjam sebagian besar berasal dari daerah di luar Semarang dan berlatarbelakang sebagai pengusaha," katanya.

Dalam penyaluran pinjaman ini, Bank Jateng bekerja sama dengan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah, yang diperkuat dengan nota kesepahaman.

Angsuran pinjaman para anggota dewan ini akan dipotong langsung dari gaji mereka setiap bulannya.

Ia mencontohkan besaran angsuran yang harus dibayar, untuk pinjaman mencapai Rp 300 juta dalam kurun waktu hingga empat tahun, angsuran yang harus dibayar mencapai Rp 7,5 juta per bulan.

(kcm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar